• Q KPI, Njur Ngopo?

    Kalau memang saya anak KPI terus saya harus ngapain?

    Pertanyaan atau ungkapan ini muncul saat saya rapat bersama teman-teman saya di Lobi Fakultas Dakwah. Kata-kata ini membuat saya memikirkan betapa hebat dan luar biasanya kata-kata ini jika memang ada mahasiswa yang bener-bener menelaah kata-kata ini. Realita yang ada, tapi tidak semuanya Mahasiswa yang kuliah di Fak. Dakwah Prod. Kominikasi dan Penyiaran Islam disingkat KPI ini memang hanya ada yang asal masuk kuliah duduk manis mendengarkan dosen ngoceh dan habis itu pulang balik ke kost.

    Ada juga yang kuliah hanya kongkow-kongkow aja di Kantin atau ditaman bahkan di lobi-lobi kampus, berduaan di beberapa tempat, seperti di lantai atas "4" yang lumayan agak sepi tuh, Perpustakaan, Serambi Masjid, Taman dan Kantin. Memang yang namanya kuliah semua kepala mempunya tujuan masing-masing. Ada yang ingin bisa cepet dapat kerja setelah lulus dari kuliah ini, ada yang ingin mencari pasangan alias pacaran, ada yang ingin mencari ilmu di dunia Jurnalistik, Media Pertelevisian, Radio + Ke Islaman. karena kita jurusannya di Kepenyiaran Islam, jadi ajaran-ajaran dan mata kuliah yang menyinggung agama didapatkan oleh Mahasiswa.

    Kembali ke topik dengan masalah,.. kalo memang saya anak KPI saya harus ngapain? kalau diri saya pribadi yang namanya mahasiswa KPI itu harus kreatif, inovatif serta imajinatif dalam mengembangkan bakat dan minat dalam Komunikasi Penyiaran. Karena jurusan yang kita ambil ini berkonsentrasi di dua Lini yaitu lini pertama Jurnalistik dan kedua Broadcasting _yang aku tau looh....maka dari itu mahasiswa harus bisa menyesuaikan apa yang ingin dikembangkan itu.

    Jika mereka menyukai dunia tulis menulis, ya selayaknya mahasiswa itu harus mengembangkan bakat itu dengan membuat tulisan ke koran, kalaupun di koran tidak bisa jebol ya nulis aja di blog atau website apa aja yang bisa kita publisj tulisan-tulisan kita. Kalaupun tidak mempunyai blog/web anda bisa ikut di kompasiana, atau yang lainnya. Berbagai situs sekarang sangat mempermudah layanannya untuk menyediakan para penulis baik pemula atau yang sudah handal.

    Media sekarang memang banyak sangat membantu bagi kita semua, walau masih belajar menulis, ketika tulisan yang anda tuliskan itu anda publish disalah satu web/blog yang disediakan itu. Maka anda wajib dan kudu rajin untuk menulis. Karena fasilitas sudah disediakan di berbagai media baik cetak maupun online, maka tinggal kembali ke diri masing-masing. Kalau anda memang berniat dan mau berusaha pasti anda bisa melakukannya dan saya yakin nanti anda akan bilang "ternyata mudah eaa". pasti....

    Lalu bagi yang suka di dunia broadcasting, anda harus mengembangkan diri anda di Radio Kampus mungkin atau radio diluar kampus. Tergantung kemampuan yang anda miliki, kemampuan yang sudah mumpuni dan siap bekerja profesional, silahkan anda mencoba untuk bekerja di Radio yang ada di sekitar kota Gudeg. banyakkan radio di kota ini?  hehehe.. :)

    Bagi yang suka di dunia TV ya anda bisa mencoba untuk ikut di PPTD (Pusat Pengembangan Tekhnologi Dakwah)>SUKA TV. Tapi sayang agak rumit dan susah ketika anda ingin bergabung di PPTD ini. Berkali-kali kumencoba ingin masuk di PPTD tapi g mudah juga, anda mungkin boleh mencobanya. Kalau saya lebih mengembangkan diri sendiri dengan menggunakan Handycam yang saya miliki. Sering saya membuat dokumentasi apa-apa yang terjadi disekitar saya, yang langsung saya rekam dan banyak juga saya upload di Youtube.

    Mungkin masih banyak lagi tugas bagi mahasiswa yang ambil prodi KPI, intinya banyakin kegiatan yang positiflah seperti kami yang sedang merencanakan kegiatan yang ketiga kalinya di Fakultas Dakwah. Jika mahasiswa disibukkan dengan banyak kegiatan yang positif, itu menunjukkan eksistensi dan perkembangan mahasiswa itu dari pola pikiran dan pola kekerabatan. Loh kenapa kok nyampe kekerabatan ?? mungkin tidak hanya kekerabatan, ditambah persahabatan dan pertemanan heumm sama aja kale persahabatan dan pertemanan. hehehe heumm maksudnya itu bahwa mahasiswa prodi KPI menunjukkan kepada khalayak terutama mahasiswa lain, bahwa kita selalu bersama dan hubungan kami sangat baik antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya.

    Dari situ muncul berbagai ide yang dikembangkan oleh kami, dan akan dijadikan sebuah kegiatan. Pengen tau kegiatan apa yang sedang kami rencanakan?? hmmmm kasih tau g yaa...heumm rahasia dulu eaa kegiatannya apa, besuk aja kalo dah deket dan siip semua rencana dan programnya baru kita kasih tau pada pembaca sekalian, so... sabar eaaa.....

    Buat temen-temen KPI yang belum bisa mengembangkan potensi diri kalian, jangan malu-malu untuk mengembangkan. Jika sulit untuk mengaktualisasikan apa yang ingin anda kembangkan dan kreatifitaskan, ayoo kumpul bareng kami KPI angkatan 2010 [khususnya]. Kita pasti bisa membuat kegiatan yang positif dan bermanfaat serta berguna bai kita semua. Karena kegiatan yang kami kerjakan ini sesuai dengan Prodi kita. Tekad dan Yakin serta aksi yang kita kerjakan ini pasti berbuah manis. Kalaupun rasa buahnya pahit, setidaknya kami dah berbuat. Dari pada tidak?? Jangan Jadi Pecundang!!!

0 komentar:

Posting Komentar