• Putaran Final Debat Ilmiah

    Setelah menumbangkan lawan pada putaran semi final, dalam lomba debat ilmiah yang diadakan oleh BEM Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Akhirnya kami saya, Rizal dan Intan masuk di babapk Final. Lawan kami dari jurusan Manajemen Dakwah, dan kami dari Komunikasi dan Penyiaran Islam.

    Acara berlangsung pada hari kedua, kita tidak diberi tahu tentang tema yang akan dijadikan debat besuk. Tidak seperti awal lomba pada babak penyisihan, kami diberitahu tentang tema-tema dan materi yang akan diperdebatkan pada lamba. Kelompok kami hanya mencoba meraba-raba, materi yang akan keluar keesokan harinya dalam lomba. Pokoknya apa aja kami baca untuk menambah wawasan.

    Tepat pada hari terakhir pagi, kami satu persatu datang ke kampus. Langsung saja kami menunggu di tempat duduk yang ada di Teatrikal dakwah sambil menunggu peserta yang belum hadir. Setelah semuanya kumpul, akhirnya lomba dimulai. MC acara lomba membuka acara ini dengan seksama, dengan mengucap basmalah, secara resmi acara lomba debat ilmiah di hari ke-2 ini dibuka.

    Satu Persatu peserta menuju tempat meja kelompok Pro dan Kontra. Sayangnya kelompok kami mendapatkan jatah Pro, dalam Tema Khilafiah dan Demokrasi di Indonesia. Memang sedikit kami agak kebingungan tentang materi ini. Benar-benar blank saat itu, untungnya HP intan bisa buat searching di Internet. Dan kami buka materi itu secara garis besar kami baca. Waktu itu kami bertiga bener-bener blank, dan bingung tentang materi seperti ini. Apalagi mendapatkan yang Pro, padahal di Indonesia memang sudah jelas, tatanan sistem di pemerintahan tidak bisa dijadikan seperti pada jaman Rasulullah dan Sahabatnya.

    Indonesia adalah masyarakatnya heterogen, berbeda-beda baik Secara Agama, Ras, Suku, Budaya Sosial dan lain sebagainya. Ya karena kita mendapatkan yang Pro akhirnya sekuat tenaga dan pembuatan opini yang kamis sampaikan untuk mempertahankan opini kami dan perdebatan kami. Memang kekurangan kami dalam hal bacaan tentang hal ini. Sehingga terkadang kami tidak bias menyebutkan data dan sumber yang relevan.

    Kurang lebih 35 menit kami berdebat, akhirnya Juri mengumumkan siapa pemenang di antara peserta yang masuk dalam babak Final ini. Sebelum mengumumkan siapa pemenang debat ini, juri menceritakan kekurangan dan kesalahan-kesalahan kami dalam berdebat. Tidak cuma kelompok kami yang diberikan kritikan dan saran, tetapi kelompok lawan kami dari MD juga diberi kritik dan saran dalam perdebatan tadi. Dan Akhirnya juri mengumumkan Juara I jatuh pada .....Kelompok Kontra dari Manajemen Dakwah (MD), dan kami secara ikhlas dan lapang dada harus menerima kenyataan mendapatkan Juara 2.

1 komentar:

  1. RIZAL MAHRI mengatakan...

    bukan khilafiah her..................tapi khilafah

Posting Komentar